Keterangan Tempat Tinggal

Terhitung sejak 1 Agustus 2018, Kantor Imigrasi Yogyakarta mewajibkan dokumen tambahan berupa surat keterangan tempat tinggal bagi WNA yang mengajukan permohonan ITAS. Keterangan tempat tinggal yang dibutuhkan bagi mahasiswa asing yang belajar di UAJY terbagi atas 2 jenis. Kedua jenis ini memiliki peruntukan yang berbeda. Keterangan tempat tinggal diperlukan untuk mengurus ITAS Baru maupun ITAS Perpanjangan. Berikut informasi mengenai keterangan tempat tinggal.

A. SURAT KETERANGAN DOMISILI (SKD)

SKD diperlukan bagi mahasiswa asing yang mengurus ITAS Baru. SKD dikeluarkan oleh Lurah. Urutan pengurusan SKD sebagai berikut.

  1. Mahasiswa menemui Ketua RT sesuai tempat tinggal mahasiswa untuk mengurus surat pengantar. Apabila Ketua RT tidak memiliki formulir surat pengantar, maka mahasiswa dapat mengunduh contoh pada tautan berikut.
  2. Mahasiswa membawa surat pengantar menemui Ketua RW atau Dukuh untuk meminta pengesahan berupa tanda tangan dan stempel/cap.
  3. Mahasiswa membawa surat pengantar ke Kantor Kelurahan sesuai tempat tinggal mahasiswa.
  4. Kantor Kelurahan menerbitkan/mengesahkan SKD bagi mahasiswa.

B. SURAT KETERANGAN TEMPAT TINGGAL (SKTT)

SKTT diperlukan bagi mahasiswa asing yang mengurus ITAS Perpanjangan. SKTT dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Urutan pengurusan SKTT sebagai berikut

  1. Mahasiswa menemui Ketua RT sesuai tempat tinggal mahasiswa untuk mengurus surat pengantar. Apabila Ketua RT tidak memiliki formulir surat pengantar, maka mahasiswa dapat mengunduh contoh pada tautan berikut.
  2. Mahasiswa membawa surat pengantar menemui Ketua RW atau Dukuh untuk meminta pengesahan berupa tanda tangan dan stempel/cap. Khusus pengurusan di Bantul, surat harus diproses hingga Kelurahan dan Kecamatan.
  3. Mahasiswa membawa surat pengantar ke Dukcapil sesuai tempat tinggal mahasiswa.
  4. Dukcapil menerbitkan SKTT bagi mahasiswa dengan lama proses 4-5 hari kerja.

Persyaratan SKTT:

  1. Permohonan penerbitan SKTT (dari KAA)
  2. Surat Jaminan dan sponsor (dari KAA) dilampiri materai 10.000
  3. Fotokopi paspor
  4. Fotokopi E-KITAS
  5. Fotokopi Surat Tanda Melapor dari Polda DIY (khusus pengurusan di Bantul)
  6. Pengantar/Keterangan domisili dari RT RW
  7. Pas foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang warna biru bagi yang memiliki tahun kelahiran genap dan latar belakang warna merah bagi yang memiliki tahun kelahiran ganjil
  8. Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar (khusus pengurusan di Bantul)
  9. Surat Keterangan Pindah Alamat dari Kantor Imigrasi (apabila alamat tinggal berbeda dengan alamat di ITAS).

Catatan:

  • Perpanjangan SKTT memiliki syarat sama dengan di atas tetapi poin 6 diganti dengan SKTT lama.
  • Jika pindah alamat setelah memiliki SKTT, segera ajukan SKTT pengganti dengan alamat baru ke Disdukcapil. Persyaratan yang diperlukan nomor 1-8.

Formulir permohonan jaminan keterangan SKTT dapat diisi pada tautan berikut (wajib memiliki akun Office 365 dari KSI UAJY).

FORMULIR 5A

http://bit.ly/skttkaa